Cara Mempercepat Loading Laptop/Windows

Saat komputer anda mulai lamban dalam bekerja melayani anda, maka pasti rasa bosan yang akan didapat. Selain pekerjaan yang jelas tertunda, rasa bosan menemani komputer lambat juga menjadi persoalan yang sangat menjenuhkan. Disini saya akan sedikit sharing mengenai cara mudah, ampuh  dan praktis dalam mempercepat kinerja komputer windows anda. Versi windows yang akan saya bahas disini sifatnya global, jadi hampir bisa diterapkan disemua versi windows.
Sebelumnya, perlu anda ketahui bahwa melambatnya kinerja komputer windows disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor hardware maupun faktor software. Disini yang akan saya bahas adalah yang disebabkan oleh faktor software. Beberapa penyebab mungkin tidak begitu berpengaruh pada kinerja komputer windows, tetapi faktor yang lain mungkin sangat mempengaruhinya, jadi mau gak mau anda harus membuang penyebab lambatnya kinerja komputer windows anda.
Berikut beberapa cara mudah dalam mempercepat kinerja komputer windows anda:
  1. Bersihkan desktop dari banyaknya icon yang tidak berguna. Semakin sedikit icon yang ditampilkan di komputer akan semakin meringankan kinerja komputer.
  2. Scan harddisk menggunakan tools scan bawaan windows. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan memperbaiki harddisk dan file-file yang mengalami kerusakan secara sofware. Scan disk bisa anda lakukan secara teratur 1 bulan sekali (jangan terlalu sering, karena justru akan bisa merusak harddisk anda)
  3. Defrag harddisk anda, terutama setelah anda mengkopi, menginstall atau meng-uninstall software dalam ukuran yang besar. Defrag ini berfungsi untuk menata kembali lokasi file dalam harddisk agar bisa diakses dengan lebih cepat.
  4. Jika anda menggunakan memori utama (RAM) yang besar, disable saja fasilitas virtual memory, hal ini jelas akan sangat berpengaruh bagi anda yang senang membuka program banyak secara bersamaan.
  5. Ubah style windows ke mode classic. Dengan tampilan classic, performa komputer anda akan naik, karena tenaga yang digunakan untuk mengatur tampilan bisa dialokasikan ke yang lain.
  6. Buang program yang tidak perlu lewat fitur add or remove program (lewat control panel, jangan menghapus lewat program files,he…)
  7. Kosongkan harddisk dari file yang tidak begitu diperlukan. Usahakan harddisk anda mempunyai ruang bebas sebesar 10% dari total kapasitas harddisk anda.
  8. Untuk mempercepat loading windows, anda bisa mendisable beberapa program yang dirunning otomatis pada saat komputer dinyalakan. Sisakan saja realtime protektor dari antivirus.
  9. Gunakan software registry cleaner untuk membuang registry yang sudah tidak valid lagi.
  10. Pastikan semua driver hardware sudah terinstall dengan sempurna, jangan sampai ada yang konflik apa lagi belum terinstall. Gunakan juga software driver terbaru dari masing-masing vendornya.
  11. Jangan gunakan antivirus lebih dari 1 jenis, kecuali memang karakteristik beda anda bisa memasang 2 antivirus. Misal untuk virus dari luar anda bisa menggunakan avira, sedangkan untuk menangkal virus lokal anda bisa menggunakan smadav.
  12. Gunakan versi software yang cocok dengan kemampuan hardware anda. Tidak lucu ketika anda memasang adobe photoshop cs 5 di komputer pentium III.
Dengan anda melakukan ke 12 hal diatas, sudah dapat dipastikan performa komputer anda akan bertambah, minimal anda akan merasakan perbedaannya. Tetapi jika anda tetap merasa komputer anda tetap pelan, mungkin anda bisa berfikir untuk mengganti komputer anda dengan yang lebih baru.
Demikian apa yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi pengunjung BERBAGI ITU INDAH semua, terima kasih

Posted on Agustus 30, 2011, in Tips and Trik Computer. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: